Tips Memasak Sayuran agar Nutrisi Terjaga Rahasia Tetap Sehat dan Bugar

0
20
  1. Gunakan teknik memasak yang tepat Pilih teknik memasak yang sesuai untuk setiap jenis sayuran. Misalnya, rebus sayuran yang mudah hancur seperti brokoli atau bayam hanya selama beberapa menit, atau kukus sayuran seperti wortel dan kembang kol selama sekitar 5-10 menit agar tetap renyah dan nutrisinya terjaga.
  2. Potong sayuran dengan ukuran yang tepat Potong sayuran dengan ukuran yang sama dan tidak terlalu kecil agar nutrisi dalam sayuran tidak terlalu banyak hilang saat dimasak.
  3. Jangan terlalu sering atau lama memasak sayuran Memasak sayuran terlalu sering atau terlalu lama dapat membuat sebagian besar nutrisi hilang. Sebaiknya, masak sayuran hanya sampai matang dan jangan terlalu lama.
  4. Hindari penggunaan air yang terlalu banyak Gunakan sedikit air ketika memasak sayuran, dan hindari memasak sayuran dalam jumlah air yang banyak karena nutrisinya akan hilang terlarut dalam air.
  5. Jangan campurkan sayuran dengan bumbu terlalu banyak Jangan campurkan sayuran dengan bumbu terlalu banyak atau terlalu banyak minyak karena hal ini dapat menurunkan kandungan nutrisi dalam sayuran.

Dengan cara-cara di atas, vitamin dalam sayuran akan lebih terjaga ketika dimasak dan dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here